Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menelisik Sifat Manusia Bagian Pertama

Menelisik SIfat Manusia
Menilisik Sifat Manusia

Menelisik Sifat Manusia ,tulisan kali ini saya akan mencoba menulis  sifat sifat manusia dan pembentukannya, mungkin saya juga kurang pantas menulis ini semua dikarenakan kemungkinan nantinya kurang objektif, hehe karena mungkin salah satu sifat manusia itu juga mempengaruhi saya pada waktu penulisan ini, tapi saya mencoba menulis dengan sudut pandang netral dari diri saya sendiri.


Manusia sejak diciptakan pertama kali sudah mempunyai berbagai macam sifat dan tingkah laku, antara manusia satu dan yang lain mempunyai berbagai macam sifat dan cenderung tidak sama alisa berbeda, ini menarik jika kita menilik dari mana semua sifat yang ada dalam manusia tersebut? apakah pembawaan? apakah muncul dengan sendirinya hasil interaksi dengan lingkungan dan manusia lain? menurut pengalaman saya keduanya benar.

Sifat manusia adalah pembawaan dari lahir dan hasil interaksi dengan lingkungan atau antara sesama manusia. menurut pengalaman saya seorang anak akan cenderung memiliki sifat sama dengan orangtuanya, pada awal kelahiran kita tidak pernah tau bagaimana seorang manusia mempunyai sifat dan tingkah laku, kalau dari bayi bisa di ketahui mungkin perlu adanya pembuktian dan penelitian lebih lanjut, karena setiap bayi -pun berbeda sifatnya semisal ada bayi A yang gampang sekali menangis sedikit sedikit menangis sedangkan ada bayi B yang jarang menangis dan cenderung anteng atau pendiam, semua itu perlu dibuktikan dan dilakukan penelitian apakah itu mempengaruhi sifat manusia tersebut jika dari bayi udah memiliki tingkah masing masing.

Terlepas dari masa bayi seorang saya yakin salah satu pengaruh sifat manusia yang paling mendasar adalah hasil interaksi atau hubungan dengan orang lain atau lingkungan, dan lingkungan yang paling dekat adalah keluarga tidak heran jika cenderung sifat orang tua ada pada anaknya, walaupun itu tidak semua tapi kebanyakan manusia menuruni sifat induknya.

Seiring berjalannya waktu sifat manusia bisa tumbuh dan berkembang menjadi berbagai bentuk, tapi yang paling kuat adalah sifat dasar ketika dia kanak kanak karena sifat tersebut lebih lama dan di tunjuang berberapa faktor sehingga sifat tersebut melekat kuat makanya hati hati pada para orangtua yang mempunyai anak kecil , anda itu menjadi contoh jangan pernah memberikan contoh buruk bersifat buruk jika tidak ingin anak anda meniru sesuatu yang buruk dari anda. seperti contoh  terkadang orangtua berbohong kepada anak untuk mengalihkan keengganan menjawab rasa ingin tau anak, ketika seorang anak bertanya .. mah.. pah.. ini apa sih?? itu apa sih? aku mau kesana.. aku mau maen kesini, ketika orang tua tak ingin ambil pusing dan ga memperbolehkan anaknya, dia menjawab jangan dek disana ada orang gila  disitu ada wewe gombel disana ada ini ada itu. taukah anda secara tidak langsung anda menamkan pikiran buruk kepada anak, apa sih dampaknya paling cuma jadi angin lalu, eitz itu salah, karena anak anak mempunyai daya ingat daya belajar yang tinggi, apa yang anda tanamkan lebih akan melekat pada anak anda, dampak anda berbohong tadi didalam pikiran anak akan ditanmkan ketakukan terhadap hal yang anda larang atau takut takuti.

Memberikan penjelasan lebih baik daripada berbohong, kepada orang tua sebaiknya menghindari sifat sifat yang membohongi anak , jelaskan kepada nya kenapa kok dilarang kesana, adek boleh maen tapi belum sekarang yah.. papah lagi sibuk kerja nanti kalau papa ga kerja gimana bisa beliin susu buat adek..nanti yah setelah papah kerja. mungkin seperti itu lebih baik jangan kuatir anak itu akan ngerti dan memahami jika penjelasannya logis bagi dia.

Salah satu faktor pembentukan sifat manusia seperti yang sudah saya utarakan diatas,mungkin tidak mutlak tapi sedikit banyak berpengaruh dalam sifatmanusia, menurut saya mesikipun manusia dewasa itu berkembang dan berinteraksi dan terjadi beberapa perubahan sifat tapi sifat dasar manusia yang tertanam sedari kecil itu berpengaruh besar pada manusia tersebut. 

Semoga kita menjadi manusia yang belajar untuk memperbaiki kesalahan dan sifat yang tidak baik, sifat bisa dirubah ketika kita mau merubahnya, pengalaman dan kejadian tertentu yang akan mengubah manusia, perbanyak interaksi dan pengalaman di dunia ini, karena kita akan menemui hal hal yang diluar pemahaman dan pemikiran kita termasuk sifat manusia, sebaiknya kita tetap sabar dan tegar menghadapi semua bentuk sifat manusia yang lain dan kita selalu interopeksi terhadap tingkahlaku kita.

Semoga menjadi renungan dan bahan pengetahuan bagi saya dan bagi pembaca, pada bagian selanjutnya akan saya lanjutkan menulis tentang pengalaman saya bertemu dan memiliki sifat sifat dan karakter yang beraneka macam, dari serakah, keras kepala, moody dan lain lain. semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Menelisik Sifat Manusia Bagian Pertama"